Jalan Sehat dan Kunjungan Ke Rumah Ibadah Lintas Iman

Germasa Lintas IMAN PPSDI

Rangkaian Perayaan HUT Ke 75 GPIB Dan HUT Ke 166 GPIB Marga Mulya
Oleh : Pdt. Boydo Rajiv Hutagalung (Pendeta Jemaat, Ketua 3 GPIB Marga Mulya)


Salah satu kegiatan dalam rangkaian perayaan dalam rangka syukur HUT ke 75 GPIB & HUT ke 166 Gedung Gereja GPIB Marga Mulya adalah kegiatan, “Jalan Sehat & Kunjungan Ke Rumah Ibadah Lintas Iman” yang dilaksanakan Sabtu, 14 Oktober 2023. Kegiatan ini melibatkan ke-enam unsur Pelayanan Kategorial serta merupakan upaya Marga Mulya mengaplikasikan Tema GPIB Tahun 2023-2024 yang berfokus pada yaitu meningkatkan kebersamaan intergenerasi, menjalin jejaring sosial lintas iman, dan ramah lingkungan. Hampir seluruh peserta mengenakan kaos yang bertuliskan Inti Tema Tahunan, “Mengasihi Tuhan, Menjalin Persaudaraan, Melestarikan Lingkungan : Jalan Kemuliaan.”

Ide kegiatan ini bermula dari kesadaran bahwa meski sudah 1 abad lebih usia gedung gereja GPIB Marga Mulya, namun belum pernah terjalin relasi lintas agama secara khusus dengan beberapa tetangga lintas iman di satu Kapanewon / Kecamatan Gondomanan. Untuk itu, GPIB Marga Mulya proaktif ‘mengetuk’ pintu rumah ibadah tetangga-tetangga kami, untuk menyatakan keinginan kami menjalin tali persaudaraan lintas iman.

Adapun tempat yang dikunjungi adalah Masjid Gedhe Kauman (yang merupakan bagian dari Kraton Ngayogyakarta), Klenteng Fuk Ling Miau, dan Gereja Katolik St. Fransiskus Xaverius Kidul Lodji. Di setiap rumah ibadah yang dikunjungi, pihak pengurus rumah ibadah memberikan penjelasan singkat tentang profil singkat tentang rumah ibadah tersebut. Panitia HUT GPIB juga memberikan tanda kasih kepada pengurus rumah-rumah ibadah tersebut dalam rangka mendukung pelayanan keagamaan di sana. Lalu sebelum meninggalkan tiap tempat ibadah, seluruh peserta Jalan Sehat menaikkan doa yang dipimpin oleh Pdt. Roro Diah Kusumawati Roni, Pdt. Boydo Hutagalung, dan Vik. Ananda Sebayang. Doa yang dinaikkan adalah agar kiranya para pengurus dan anggota jemaat di masing-masing rumah ibadah dianugerahi damai sejahtera. Dalam doa juga dimohonkan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar hubungan antara GPIB Marga Mulya dapat terus terjalin harmonis bersama saudara-saudari lintas iman. []brh

2 thoughts on “Jalan Sehat dan Kunjungan Ke Rumah Ibadah Lintas Iman

  1. Wow, web ini benar-benar mengesankan! Desainnya yang menarik membuatnya nyaman untuk digunakan, dan antarmukanya sangat intuitif. Saya suka bagaimana semuanya terorganisir dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *